HORE MELANJUTKAN SEKOLAH BEASISWA DI SELURUH INDONESIA (SMK JATENG , SMK TELKOM, SMK KEDINASAN) 2020

el

Hari Kedua UN dengan Mapel Bahasa Inggris
Oleh : Administrator - Selasa, 30 Maret 2010
Pada hari ke dua Ujian Nasional yaitu Mapel Bahasa Inggris, siswa dikejutkan dengan soal-soal yang ada. Karena sebagian siswa mengatakan “Soal pada hari ini lebih sulit dibandingkan dengan Soal Bahasa Indonesia kemarin” sebut saja salah satu siswa tersebut Ananda Novita Rahma Dheany Sary kelas IX A. Dari seluruh aspek yang dia terima pada waktu bimbingan belajar maupun pada latihan TUC 1 sampai TUC 6 sudah dipelajari, namun ada beberapa dari soal tadi yang tidak dimengerti terutama dalam penterjemahan ke bahasa Indonesia, dengan kata lain sebelum kita memahami maupun mengerjakan soal tersebut, pasti terlebih dahulu harus mengartikan dalam bahasa Indonesia agar dapat dipahami. Dengan penjelasan tadi, bahwa sebagian siswa menemui kesulitan pada hal translate ke bahasa Indonesia, hal ini terjadi karena masih sedikit/ terbatasnya kosakata dalam Bahasa Inggris yang dikuasai. Jauh sebelum mendekati Ujian Nasional, siswa memang sudah menyadari hal tersebut dan sudah berusaha semaksimal mungkin dengan cara belajar dan terus belajar dalam memperbanyak kosakata dalam Bahasa Inggris tetapi apa boleh buat, istilah-istilah maupun kosakata yang ada di dalam soal tersebut banyak diluar dugaan yang sudah mereka pelajari, jadi tidak dapat memahami secara maksimal. Bapak maupun Ibu guru mapel Bahasa Inggris pun selalu memberikan suatu tambahan kosakata yang berhubungan dengan soal-soal cerita yang ada didalam soal-soal Ujian Tahun sebelumnya. Dengan penelusuran yang lain yaitu Ananda Roby Prasetyo Aji kelas IX C. Dia memberikan suatu kesimpulan sama, dengan yang diutarakan oleh Ananda Novita Rahma Dheany Sary. Dari kedua sampel kesimpulan siswa tadi, memang kesulitan yang mereka hadapi pada waktu mengerjakan Soal Bahasa Inggris yaitu terbatasnya kosakata dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu dengan keterbatasan tadi, ada salah satu siswa yang mengerjakan secara spekulasi, tapi hal ini cuma dilakukan pada satu sampai dua soal, karena mereka tidak mau mengambi resiko dari hasil yang mereka kerjakan. Sehubungan dengan hal itu mereka pun tetap berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan soal dan selalu mengoreksi satu persatu soal yang sudah mereka kerjakan dengan ketelitian yang tinggi hingga sampai 1 kali lebih sambil memanfaatkan waktu yang masih tersisa mendekati waktu yang ditentukan selesai. Mereka berharap semoga soal yang sudah dikerjakan tadi, betul-betul mendapatkan nilai yang bagus, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi khususnya siswa dan sekolah pada umumnya.

Cetak | Kembali

Copyright © 2010 - 2016 by SMP Negeri 1 Karanganyar | Supported by AMIK PGRI KEBUMEN
E-mail : smp@smpn1karanganyar.sch.id
Jl. Kartini 25 Telp. (0287) 551058
Fax. (0287) 551846